WANITA : Perhiasan Berharga Dunia


Bismillahirahmanirahim, Assalamualaikum Wr. Wb.
Alhamdulillahirabilalamin ana masih dikasih kesempatan sama Allah SWT. Untuk mudah-mudahan  berbagi  ilmu di dalam blog ini, kali ini ana akan membahas materi tentang wanita...

Iya, wanita atau bahasa kerennya akhwat adalah perhiasan paling berharga di dunia, menurut ana.. tpi  itu mungkin juga buat teman-teman.
( Sebelum mulai karena materi ana islami jadi kita belajar bahasa yang islami ya, bagi yang belum tahu ikhwan = laki-laki / pria.  Akhwat = perempuan / wanita )
 
Tapi akhwat yang bagaimana yang akan masuk kriteria perhiasan, atau perhiasan paling berharga, itu yang akan kita bahas.. oiya kita bahas juga ya tentang pandangan ikhwan terhadap akhwat ya.. cekidot..

Kita bahas pengertiannya dulu ya..
Sudah kita maklumi keberadaan akhwat dalam Islam demikian dimuliakan, terlalu banyak bukti yang menunjukkan kenyataan ini. Sampai-sampai ada satu surah dalam Al-Qur`anul Karim dinamakan surah An-Nisa`, yang artinya wanita-wanita, karena hukum-hukum yang berkaitan dengan akhwat lebih banyak disebutkan dalam surah ini daripada dalam surah yang lain. Untuk lebih jelasnya kita lihat beberapa ayat dalam surah An-Nisa` yang berbicara tentang akhwat.

1. Akhwat diciptakan dari tulang rusuk ikhwan.
Surah An-Nisa` dibuka dengan ayat:
يَاأَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا وَبَثَّ مِنْهُمَا رِجَالاً كَثِيرًا وَنِسَاءً
“Wahai sekalian manusia, bertakwalah kepada Rabb kalian yang telah menciptakan kalian dari jiwa yang satu dan dari jiwa yang satu itu Dia menciptakan pasangannya, dan dari keduanya Dia memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak.” (An-Nisa`: 1)
Dalam ayat ini dinyatakan bahwa dari jiwa yang satu, Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan pasangannya. Qatadah dan Mujahid rahimahumallah mengatakan bahwa yang dimaksud jiwa yang satu adalah Nabi Adam ‘alaihissalam. Sedangkan pasangannya adalah Hawa. Qatadah mengatakan Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam.
Dalam hadits shahih disebutkan:
إِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلْعٍ، وَِإِنَّ أَعْوَجَ شَيْءٍ فِي الضِّلْعِ أَعْلاَهُ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيْمُهُ كَسَرْتَهَا، وَإِنِ اسْتَمْتَعْتَ بِهَا اسْتَمْتَعْتَ وَفِيْهَا عِوَجٌ
“Sesungguhnya wanita diciptakan dari tulang rusuk. Dan sungguh bagian yang paling bengkok dari tulang rusuk adalah yang paling atasnya. Bila engkau ingin meluruskannya, engkau akan mematahkannya. Dan jika engkau ingin bersenang-senang dengannya, engkau bisa bersenang-senang namun padanya ada kebengkokan.” (HR. Al-Bukhari no. 3331 dan Muslim no. 3632)

Al-Imam An-Nawawi rahimahullah berkata, “Dalam hadits ini ada dalil dari ucapan fuqaha atau sebagian mereka bahwa Hawa diciptakan dari tulang rusuk Adam. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا dan Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam menerangkan bahwa akhwat diciptakan dari tulang rusuk.

Dalam konteks yang singkat tadi, sebenarnya kita dapat ambil banyak kesimpulan
Contoh 1. Akhwat diciptakan Allah untuk kita lindungi, kita Anangi.
             2. Akhwat ditakdirkan sebagai pasangan ikhwan
             3. Akhwat adalah makhluk yang lembut dan suci
Dan masih banyak lagi..

Lalu tentang perhiasan yang berharga itu gimana ?

Nabi Muhammad SAW bersabda  “Sessunguhnya dunia  adalah perhiasan, tetapi perhiasan yang paling indah adalah wanita yang sholihah. Wanita yang sholihah adalah perhiasan yang sangat berharga, wanita mulia itu perhiasan yang hakiki.”

Dalam hal ini kita bisa ketahui  perhiasan berharga di dunia ini ternyata akhwat.. tapi bukan akhwat cantik nan seksi yang suka memamerkan hijabnya, bukan akhwat manis nan imut yang suka disukai oleh para ikhwan, bukan juga akhwat yang terlalu cinta dunia. Tapi apa ? Tapi akhwat yang sholihah pastinya, akhwat yang tidak memamerkan kecantikannya tapi terlihat cantik dengan hijabnya.  Akhwat yang selalu terlihat mulia dengan hati yang anggun, lemah lembut, dan sopan.  Dan konteks baik lainnya.

Kesimpulannya gini ukhti, kalau kita ingin menjadi perhiasan berharga, umumnya berharga untuk orang lain, dan khususnya para ikhwan. Kita gak perlu jadi orang yang bukan kita. Maksudnya, pasti setiap akhwat itu pada dasarnya tidak mau memamerkan kecantikannya, hijabnya, apalagi jika disentuh oleh tangan ikhwan.  Kita hanya perlu menjadi diri kita, diri yang pada dasarnya adalah pribadi yang baik, pribadi yang sholihah.

Terus bagaimana sih pandangan ikhwan terhadap akhwat ?

Nabi Muhammad SAW bersabda,  “Maukah kalian Aku tunjukkan hal yang bisa jadikan tabungan berharga bagi sesearang ikhwan, yaitu akhwat sholihah, yang apabila seorang suami melihat dirinya bisa menyejukkan pandangan, Apabila suami memerintahkan ( minta tlg padanya ) makanya dirinya mentaatinya, apabila suami tidak dirumah mereka bisa menjaga dirinya, dan tidak menghinatinya.

Nah jelas banget ya, kalau ikhwan memandang akhwat itu baik, pada kenyataannya adalah akhwat yang hatinya baik juga atau bisa disebut akhwat sholihah.
Gak perlu engkau memamerkan kecantikanmu ukhti, gak perlu kamu menunjukan hijabmu, tapi.. kamu perlu menunjukan kamu sebagai sosok muslimah sejati, muslimah yang solihah.

Wallahu a’lam bi shawwab

Itu aja Ilmu yang mudah”an Ana bisa share dan mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi para pembaca. Ana juga manusia biasa, kalau misalnya ada salah dalam penulisan ini ana mohon maaf dan mohon diingatkan dengan komentar dibawah ini..


Posting Komentar

0 Komentar