11 KEUTAMAAN MENANGIS KARENA ALLAH ‘AZZA WA JALLA DAN MANFAAT-MANFATNYA (Bagian ke 2)



6. MENDAPATKAN BAGIAN DARI MENELADANI NABI SHALLALLHU ‘ALAIHI WASALLAM DAN PARA SAHABATNYA

Ia akan mendapatkan kenikmatan dan kemuliaan dengannya, karena mengikuti kebiasaan rasulalllah Shallallahu’alaihi wasallam dan para sahabatnya dalam hal menangisnya karena takut kepada Allah.  Rasulallah Shallallahu’alaihi wasallam sering dikabarkan menangis ketika beliau mendengarkan Al-Quran, atau di dalam shalatnya.  Diriwayatkan dari Abdullah bin asy-syikhkhir radhiallahu anhu, ia berkata, “Aku melihat Rasulallah Shallallahu’alaihi wasallam shalat, dan di dadanya terdengar seperti air yang mendidih –yakni suara tangisan- seperti mendidihnya air di dalam bejana, karena tangisan beliau.”


7. MENELEDANI PARA NABI YANG TELAH ALLAH BERIKAN KENIKMATAN KEPADA MEREKA

أُولَٰئِكَ الَّذِينَ أَنْعَمَ اللَّهُ عَلَيْهِم مِّنَ النَّبِيِّينَ مِن ذُرِّيَّةِ آدَمَ وَمِمَّنْ حَمَلْنَا مَعَ نُوحٍ وَمِن ذُرِّيَّةِ إِبْرَاهِيمَ وَإِسْرَائِيلَ وَمِمَّنْ هَدَيْنَا وَاجْتَبَيْنَا ۚ إِذَا تُتْلَىٰ عَلَيْهِمْ آيَاتُ الرَّحْمَٰنِ خَرُّوا سُجَّدًا وَبُكِيًّا [١٩:٥٨]
Mereka itu adalah orang-orang yang telah diberi nikmat oleh Allah, yaitu para nabi dari keturunan Adam, dan dari orang-orang yang Kami angkat bersama Nuh, dan dari keturunan Ibrahim dan Israil, dan dari orang-orang yang telah Kami beri petunjuk dan telah Kami pilih. Apabila dibacakan ayat-ayat Allah Yang Maha Pemurah kepada mereka, maka mereka menyungkur dengan bersujud dan menangis.

Ketika ayat-ayat Alah dibacakan kepada mereka, dan ayat-ayat tersebut meresap ke dalam hati mereka, yakni sebaik-baik manusia, maka hati mereka menyungkur sujud, kemudian tubuh-tubuh mereka merunduk menyentuh permkaan bumi, dan mengalirlah air mata kernduan, kecintaan, dan pengagungan, dan mata air karena rasa takut kepada Allah..


8.  KEIMANAN MEREKA AKAN DIAMBAH OLEH ALLAH

Ahlus Sunnah wal Ja,a’ah berkeyakinan bahwa keimanan seseorang akan bertambah dengan ketaatan dan akan berkurang dengan maksiat. Menangis karena takut kepada Allah merupakan salah satu ketaatan yang mulia dan paling dicintai Allah karena perannya sangat jelas dalam menambah keimanan seseorang.


9. DIKARUNIAI RIZKI OLEH ALLAH SUBHANAHU WA TA’ALA DARI ARAH YANG TAK TERDUGA
....وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مَخْرَجًا [٦٥:٢].
وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لَا يَحْتَسِبُ.. ٦٥:٣]
Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.Dan memberinya rezeki dari arah yang tiada disangka-sangkanya [QS Ath-Thalaaq 2-3]


10. DIMUDAHKAN URUSANNYA OLEH ALLAH

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman,
.....وَمَن يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَل لَّهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا [٦٥:٤]
Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. [QS Ath-Thalaaq : 4]


11. SALING MENGINGATKAN ANTARA SATU SAMA LAIN AKAN TANGISAN MEREKA

Tidak ada kelezatan yang paling agung dan paling indah dari apa yang dihikayatkan oleh Allah Ta’ala tentang mereka

Allah Subhanahu wa ta’ala berfirman, dalam QS Ath-thur ayat 25-28 ;
وَأَقْبَلَ بَعْضُهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ يَتَسَاءَلُونَ [٥٢:٢٥]
Dan sebahagian mereka menghadap kepada sebahagian yang lain saling tanya-menanya.
قَالُوا إِنَّا كُنَّا قَبْلُ فِي أَهْلِنَا مُشْفِقِينَ [٥٢:٢٦]
Mereka berkata: "Sesungguhnya kami dahulu, sewaktu berada di tengah-tengah keluarga kami merasa takut (akan diazab)".
فَمَنَّ اللَّهُ عَلَيْنَا وَوَقَانَا عَذَابَ السَّمُومِ [٥٢:٢٧]
Maka Allah memberikan karunia kepada kami dan memelihara kami dari azab neraka.
إِنَّا كُنَّا مِن قَبْلُ نَدْعُوهُ ۖ إِنَّهُ هُوَ الْبَرُّ الرَّحِيمُ [٥٢:٢٨]

Sesungguhnya kami dahulu menyembah-Nya. Sesungguhnya Dialah yang melimpahkan kebaikan lagi Maha Penyayang. 

Ditulis dari kitab Al-Bukaa-u min khasyyatillah, Abaabuhu, wa mawaani' uhu, wa thuruqu tahshilihi. Karya Syaikh Abul Faraj al Misri.  Diterjemahkan oleh Pustaka Ibnu Umar dengan judul 'Mengapa Anda Sulit Menangis? Penyebab, Penghalang, dan Cara Agar Mudah Menangis'. (Penerjemah : Ade Ichwan Ali)

Posting Komentar

0 Komentar